Beranda · Tentang · Hubungi Kami

Seberapa Pentingkah Pasar Modal?



Sore rekan investor,
Penasaran ndak sih kenapa regulator dan pelaku pasar modal gigih banget mengampanyekan gerakan yuk nabung saham dan produk lainnya di pasar modal.

Ternyata ada proses MULTIPLIER EFFECT dibalik itu, yaitu kegiatan ekonomi yang sangat-sangat besar. Kapitalisasi pasar modal negara kita sudah menyentuh angka Rp 7.200 T. Namun jika dibandingkan dengan valuasi pasar modal di Amerika yang sudah menyentuh Rp 308.000 T, nilai pasar modal Indonesia masih sangat kecil.

MULTIPLIER EFFECT yang dimaksud penjabarannya sebagai berikut:

1. BAGI PERUSAHAAN, dengan semakin besarnya ukuran pasar modal maka dana yang diterima perusahaan juga semakin besar. FYI, IPO BBRI di pasar modal kita berhasil meraup dana lebih dari Rp 4 T. Bandingkan dengan IPO Facebook yang berhasil meraup dana Rp 240 T. Jadi tak heran bila perusahaan-peru
sahaan negeri pakdhe sam dapat melakukan ekspansi bisnisnya di seluruh dunia. Seandainya perusahaan Indonesia bisa seperti itu.

2. BAGI INVESTOR, bisa sebagai alternatif instrumen investasi yang menarik. Bila perusahaan berkembang maka harga saham yang dipegangnya akan relatif naik (ceteris paribus). Selain itu, dividen yang diterima pun akan semakin besar.

3. BAGI PEMERINTAH, bisa mendapatkan alternatif pendanaan yang lebih besar lagi selain dari APBN dan APBD untuk berbagai pembiayaan negara, membuka lapangan pekerjaan yang lebih luas, pajak, serta memandirikan perekonomian negara. sebagai gambaran, SBR006 berhasil meraup dana Rp 2,4 T sedangkan di Amerika pembeilan Treasury Bill US terbaru berada diangka Rp 174 T.

4. BAGI MASYARAKAT, kegiatan pasar modal bisa memutar sendi-sendi perekonomian negara sehingga efeknya dapat terasa meskipun mereka belum menjadi investor. Seperti barang dan jasa dengan kualitas yang baik, kesempatan kerja yang luas, infrastruktur yang bisa dinikmati, dlsb.

Dari sini kita dapat melihat bahwa kepentingan negara sangat terasa sekali untuk mewujudkan kemandirian perekonomian negara.

Jadi jika masih menemui orang yang bilang perusahaan-perusahaan kita dikuasai oleh asing, kenalkan padanya tentang pasar modal dan ajak beliau-beliau ini untuk merebut kembali perusahaan-perusahaan yang dikuasai asing. Jangan hanya komen dan teriak saja tapi sekalinya diajak investasi di pasar modal malah banyak alasan, yang haram lah, yang judi lah, dsb, dsb, pffttth, pfftth.

Disadur dari : Akun Instagram @ngertisaham

Artikel keren lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Seberapa Pentingkah Pasar Modal? "

Post a Comment