Beranda · Tentang · Hubungi Kami

Setelah Paham Prinsip Ini, Anda Akan Lebih Produktif dalam Bekerja

Penulis: Setyaji Agung

1. Manfaat (kontribusi) kecil, hasil (imbalan) kecil
Anda memberikan manfaat/kontribusi yg kecil dan mendapatkan hasil/imbalan yg kecil pula dari apa yg Anda berikan.
Kondisi spt ini berarti impas. Wajarlah kalau hasil yg Anda dapatkan kecil, ya karena manfaat yg Anda berikan jg kecil. Fair dan kondisi ini aman bagi Anda. Berkah.

2. Manfaat (kontribusi) besar, hasil (imbalan) besar
Anda memberikan manfaat/kontribusi yg besar dan mendapatkan hasil/imbalan yg besar pula dari apa yg Anda berikan.
Kondisi spt ini berarti impas jg. Wajarlah kalau hasil yg Anda dapatkan besar, ya karena manfaat yg Anda berikan jg besar. Ini jg fair dan kondisi ini jg aman bagi Anda. Berkah dan melimpah.

3. Manfaat (kontribusi) kecil, hasil (imbalan) besar
Anda memberikan manfaat/kontribusi yg kecil, tp mendapatkan hasil/imbalan yg besar. Nah ini bahaya!
Kondisi spt ini berarti Anda "berhutang". Anda mengambil hasil yg besar di awal, tp sebenarnya manfaat yg Anda berikan baru sedikit. Minim kontribusi.
Mungkin Anda merasa enak. Cuma gitu doang, santai-santai, dapat hasil besar. Eits..jangan senang dulu. Sewaktu-waktu bisa saja hasil yg besar itu harus Anda bayar dg kesulitan, kehilangan atau rasa sakit di kemudian hari. Itu semua untuk menebus "hutang" Anda. Agar kembali pada keadaan impas. Kembali terbentuk keseimbangan.
Mungkin ini jg mengapa sakit itu dikatakan menghapus dosa. Untuk menebus hasil yg Anda nikmati di awal tanpa memberikan banyak manfaat.
Maka jangan pernah iri dengan rekan kerja Anda. "Ah dia enak-enakan aja, gak ada kontribusinya. Eh gajinya sama ama gue yg kontribusinya jauh lbh banyak. Sebel!"
Ingat, suatu saat bisa saja dia akan membayar. Entah berupa kesulitan, kehilangan, rasa sakit atau masalah yg datang bertubi-tubi.

4. Manfaat (kontribusi) besar, hasil (imbalan) kecil
Anda memberikan manfaat/kontribusi yang besar, namun mendapatkan hasil/imbalan yg kecil. Ini bukan berarti Anda merugi, malah justru bagus!
Kondisi seperti ini berarti Anda menabung kebaikan. Jangan putus asa karena tak kunjung mendapatkan hasil. Suatu saat Anda akan menikmati tabungan itu kalau manfaat yg Anda berikan besar. Entah berupa lepas dari kesulitan, sembuh dari penyakit, terhindar dari bahaya, atau rezeki yg datang tanpa disangka-sangka.
Maka tak perlu marah dengan dia yg cuma reupload video di Youtube tp earningnya gede. Anda yang capek-capek membuat konten original, mendaki gunung lewati lembah, eh earningnya nggak seberapa.
Tenang, pada saatnya balasan akan mengalir indah ke diri Anda.
Mulailah berpikir untuk memberikan manfaat, bukan hanya fokus pada hasil yg akan didapat. Fokus pada kuadran kanan (memberi manfaat). Perkara hasil, serahkan pada Allah. Allah punya caranya dan yakinlah Dia Maha Adil.
Maka...hati-hati pula dengan status atau konten yg biasa Anda bagikan. Pikir ulang itu memberikan manfaat atau malah unfaedah atau bahkan menimbulkan banyak keburukan dan perpecahan.
Semoga memberi manfaat,
A. Set.

Artikel keren lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Setelah Paham Prinsip Ini, Anda Akan Lebih Produktif dalam Bekerja"

Post a Comment