Beranda · Tentang · Hubungi Kami

Lawan Hegemoni dengan Dominasi


Mardigu Wowiek Prasantyo - Nation interest atau tujuan sebuah negara berbeda beda satu negara dengan negara yang lain. Misalnya negara RRC dengan 1,2 milyar penduduknya punya tujuan agara negaranya tetap utuh sampai 1000 tahun kedepan, RRC kita tahu mereka punya nation interest. Punya rencana besar yang bernama OBOR one belt one road. Semua negara di ikat (belt) dan semua dalam 1 jalur ( road to beijing)
Negara Amerika yang penduduknya adalah 5% penduduk dunia mempunyai nation interest atau tujuan negara , agar negara tersebut bertahan hingga 1000 tahun kedepan. Hagemoni kebijakan itu di kenal dengan nama Kennon policy sejak 1946. Yaitu yang menyatakan amerika merupakan 5% penduduk dunia dan menguasai 58% kekayaan dunia (world wealth) dan WE WANT TO KEEP IT THAT WAY, FOREVER!!!
Menengok kebelakang sebentar yaitu sejarah kerajaan romawi yang merupakan kerajaan 1000 tahun dan sudah terbukti. Untuk Romawi mempertahankan kekuasaan 1000 tahun hagemoni mereka adalah meluaskan wilayah yang makmur dengan kekuatan militer yang besar.
Kemakmuran di capai romawi adalah dengan OKUPANSI menambahan wilayah bangsa lain untuk di ambil manfaatnya untuk Roma. Romawi sisi utara menjajah sampai germania, sampai britania, di sisi timur sampai persia, disisi selatan sampai afrika.
Dalam 1000 tahun Romawi terus merangsek meluaskan wilayah sampai Genseric seorang Barbarian ber asal dari afrika utara yang sangat anti romawi mulai mengontrol laut selatan romawi. Akhirnya romawi mulai runtuh.
Kendalikan selat ala Genseric Itu bagaikan indonesia ambil kendali selat malaka, Itu syaratnya kalau kita memiliki kemampuan dan memauan membuat indonesia menjadi negara adidaya.sejauh ini sih belum. belum nyandak hahaha
Jadi kita harus melihat romawi nya jaman sekarang. Siapa saja mereka itu? satu china, dua amerika, tiga rusia. Dan dalam antrian ada 2 negara lagi, German dan India.
Hagemoni Cina adalah dengan kekuatan perdagangan.
Hagemoni Amerika adalah dengan kekuatan militer.
Untuk mempertahankan Hagemoni tersebut mereka harus memiliki kekuatan atau di sebut dominasi. Kita lihat sekarang kekuatan dua negara :
1. “Currency domination” atau dominasi keuangan dollar masih berkuasa 85% transaksi international masih menggunakan dollar. Amerika menang di sini.
2. “Trade domination” saat ini dimenangkan oleh cina
3. “Military domination” saat ini dimenangkan amerika
4. “Informasi dan teknologi domination” cina dan amerika keduanya bersaing ketat dankalau 5G huawei ngak “disikat” petingginya sama amerika, pasti kalah teknologi komunikasi amerika dari china
5. “Distribution domination” dimenangkan cina
Indonesia kemana? Indonesia mau melawan 2 hagemoni besar ini Indonesia harus memiliki produk apa yang di dominasi. Apa lagi dengan 5 calon negera pendominasi dunia.
Yang terbaik Indonesia mengendalikan maritim kelautan indonesia dan mengendalikan cadangan mineral dunia yang 60% ada di Indonesia.
Pertama, indonesia harus mendominasi 4 selat utama dunia, selat sunda, selata malaka, selat sumbawa, selat makasar, 100%.Yang terpenting selanjutnya adalah membangun “hagemoni mineral”.
Ngerti dong caranya bagaimana membangun hagemoni mineral? Ndak ngerti? Kok iso pengen pada jadi pemimpin lek ora ngerti. Mau di bawa kemana negara ini cak?!!! ya mosok si sontoloyo ini, ya ngak pantes! # peace

Artikel keren lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Lawan Hegemoni dengan Dominasi"

Post a Comment